Peningkatan Kualitas Pelayanan di PTSP
Pelayanan unggul terhadap masyarakat turut serta menjadi tolak ukur suksesnya peradilan agama yang bebas bersih dan melayani. Tentunya hal tersebut diharapkan agar kualitas pelayanan yang ada di peradilan agama dapat dikembangan dengan baik. Pengadilan Agama Lamongan diantaranya, mengadakan evaluasi rutin pada bidang PTSP serta petugas pelayanan lainnya seperti petugas meja antrian dan petugas keamanan. Evaluasi/breafing singkat tersebut dibina langsung oleh Bapak Ketua dengan didampingi oleh Kasubag. umum, Kasubag. kepegawaian, serta Kasubag. PTIP (14/06/22) pada pukul 07.30 WIB. Utamanya di PTSP, masing-masing petugas diberi arahan oleh Bapak Ketua mengenai pentingnya mengedepankan kepuasan masyarakat. Selain itu, masing-masing juga dievaluasi terkait kendala/masalah yang dihadapi selama melayani para pihak mulai dari petugas survey kepuasan masyarakat, informasi dan pengaduan, pendaftaran, kasir, salinan putusan dan akta cerai serta anjungan e-court. Beliau juga memberikan arahan terkait jam pelayanan para pihak yang mana disepakati untuk dibuka mula pukul 08.00 WIB.
Selain komponen petugas PTSP, Bapak Abdurahman turut memberi arahan pada petugas pelayanan yang berada di meja antrian, petugas gugatan mandiri serta petugas keamanan. Terkait hal pelayanan, beliau menegaskan agar para pihak yang ingin dilayani harus membawa kalung yang telah disediakan. Hal tersebut akan mempermudah petugas keamanan untuk menyaring para pihak agar tidak berdesakan dalam satu ruangan tertentu, sehingga ke depan menjadikan suasana yang tertib, aman dan kondusif. Secara keseluruhan, para petugas pelayanan diharapkan untuk saling membantu beban kerja satu sama lain untuk menghindari penumpukan proses pendaftaran perkara. Kegiatan evaluasi ini diharapkan menjadi energi baru bagi para petugas pelayanan demi memberikan kualitas pelayanan terbaik bagi para pencari keadilan. (IM)
Berita Terkait: