logo

Bimbingan Teknis Manajemen Peradilan dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah SAKIP di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya

Bertempat di Batu Malang, tepatnya di Hotel Golden Tulip Holland Resort, pada tanggal 23 s/d 25 November 2020. Ketua Pengadilan Agama Lamongan Dr. H. Moh. Faishol Hasanuddin, S.H.
Bimbingan Teknis Manajemen Peradilan dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah SAKIP di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya

Maulid Nabi Muhammad SAW 1442H dan Pamit Kenal Jumat 13 November 2020

Jum'at, 13 November 2020. dilangsungkan acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1442H dan Pamit Kenal Sekretaris, Panmud Permohonan, Panitera pengganti Pengadilan Agama Lamong
Maulid Nabi Muhammad SAW 1442H dan Pamit Kenal Jumat 13 November 2020

PA Lamongan Upacara Memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2020

Lamongan, 10 November 2020 tepat pukul 07.30 WIB dilaksanakan upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 di Pengadilan Agama Lamongan sebagaimana Surat Sekretaris Mahkamah Agung R
PA Lamongan Upacara Memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2020

PELAYANAN KELILING PENYERAHAN AKTA CERAI DAN SALINAN PUTUSAN PA LAMONGAN DI KANTOR KECAMATAN PACIRAN

Pengadilan Agama Lamongan pada hari Jum’at tanggal 26 Juni 2020 menggelar Kegiatan Layanan Akta Cerai dan Salinan Putusan Keliling di Kantor Kecamatan 
PELAYANAN KELILING  PENYERAHAN AKTA CERAI DAN SALINAN PUTUSAN PA LAMONGAN DI KANTOR KECAMATAN PACIRAN

MOU Pengadilan Agama Lamongan dengan Polres Lamongan 2020

Selasa, 12 Mei 2020 Pukul 13.30 WIB bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Lamongan berlangsung acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pengadi
MOU Pengadilan Agama Lamongan dengan Polres Lamongan 2020

Aplikasi Taksiran Panjar Biaya Perkara

Hitung taksiran panjar biaya yang dibayar oleh pihak berperkara di Pengadilan Agama Lamongan

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

chat

-------------Whatsapp-----------

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Direktori Putusan

Publikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.

Gugatan Permohonan Mandiri

Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan, Ditjen Badan Peradilan Agama menyediakan Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri.

Informasi ACO

Memberikan informasi terkait proses perkara kepada pihak berdasarkan permintaan dari para pihak

e-litigasi

Administrasi dan persidangan secara elektronik dan diterapkan secara menyeluruh pada perkara-perkara tertentu.

siwas

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 16

Bukan Pandemi Covid 19 Dua Hal Inilah Biang Perceraian Terbanyak di Lamongan

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Jika pandemi Covid-19 turut menjadi pemicu terjadinya perceraian di sejumlah daerah, tidak demikian dengan Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Penyebab utama terjadinya perceraian di Lamongan adalah persoalan ekonomi dan aktivitas di media sosial.

Humas Pengadilan Agama (PA) Lamongan, Ahmad Sofwan mengungkapkan, kasus perceraian yang di sebabkan faktor ekonomi mencapai 60 persen.

"Persoalan ekonomi ini seperti misalnya ada yang ditinggal kerja di luar kota atau luar negeri, tapi tidak diberikan nafkah, sehingga menyebabkan salah satunya diantara suami dan istri ini mengajukan cerai," kata Sorwan, Selasa (10/11/2020).

Kemudian penyebab perceraian kedua adalah intensitas penggunaan media sosial, yang memungkinkan hadirnya orang ketiga dalam rumah tangga, sehingga perceraian terjadi. "Tapi kami selalu berupaya memediasi agar perceraian tersebut tidak sampai terjadi perceraian, tapi kalau sudah tidak bisa ya sidang kita lanjutkan," tuturnya.

Sofwan menambahkan, tingginya aktivitas di media sosial juga menyebabkan kasus perceraian di Lamongan juga lebih didominasi oleh cerai gugat yang diajukan oleh pihak istri. Kondisi itu berbeda dengan kondisi 5 tahun lalu, ketika teknologi muapun media sosial belum berkembang pesat seperti saat ini.

"Kalau tren 5 tahun lalu, belum ada komunikasi canggih, lebih banyak suami yang ajukan cerai. Kalu sekarang agak tipis selisihnya, bahkan lebih banyak istru yang menggugat," tuturnya.

Sofwan menyebutkan, gugatan perceraian yang diajukan ke PA Kabupaten Lamongan mencapai 1.693 perkara. Sedangkan cerai talak yang diajukan pihak suami adalah 799 perkara. "Kalau diprosentase, cerai gugat adalah sekitar 52 persen, sedangkan cerai talak 48 persen," kata Sofwan.

Hubungi Kami

PA Lamongan

Jalan Panglima Sudirman No. 738B Lamongan Jawa Timur 62291

(0322) 321185

(0322) 311017

pa.lamongan@gmail.com