Logo Pengadilan Negeri Palopo
shade
 

Anda bingung bagaimana berperkara di Pengadilan?

Prosedur dan Biaya BerperkaraSilakan membaca bagaimana prosedur berperkara dan biaya berperkara yang berlaku saat ini pada Pengadilan Agama Lamongan.

 
 

Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)

SIPP Pengadilan Agama LamonganSistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) memuat informasi detail perkara, jadwal sidang dan statistik perkara pada Pengadilan Agama Lamongan

 
 

Jadwal Sidang Pengadilan Agama Lamongan

Jadwal Sidang Pengadilan Agama LamonganSelain dapat dilihat pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara, Anda juga dapat melihat jadwal persidangan hari ini dengan meng-click tombol di bawah

 
 

Akses Salinan Elektronik Putusan Pengadilan Agama Lamongan

Direktori Putusan Pengadilan Agama LamonganPutusan Pengadilan Agama Lamongan yang telah diunggah pada Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia dapat diakses oleh publik

 
 

Pantau Progres Pemeriksaan Upaya Hukum Kasasi/PK Anda

info 64Sistem Informasi Administrasi Perkara Mahkamah Agung Republik Indonesia (SIAP-MARI) memuat informasi data perkara pada tingkat kasasi/PK

 

Kebersamaan untuk Merajut Silaturrahmi Yang Kuat Antara PN dan PA. Lamongan

silaturahmi1

Terjalinnya silaturahmi yang kuat antara PN dan PA. Lamongan karena kebersamaan dalam berbagai kegiatan, antara lain ikatan Darmayukti Karini, kebersamaan dalam perayaan HUT. Mahkamah Agung RI. dan kebersamaan sebagai anggota FORPIMDA di Kabupaten Lamongan. Selain itu, juga menghadiri setiap undangan masing-masing, dan yang terakhir adalah menghadiri undangan pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan Ketua PN. Lamongan baru pada tanggal 22 Desember 2017. Selepas upacara memperingati hari ibu ke 89 tahun 2017, digelar di PA. Lamongan pada hari Jum’at tanggal 22 Desember 2017, Ketua PA. Lamongan Dr. Hj. Harijah D., M.H. langsung menuju Pengadilan Tinggi Surabaya untuk menghadiri pelantikan Hj. Nova Flory Bunda, S.H., M.H. sebagai ketua PA. Lamongan kelas I B, sementara ketua PN. Lamongan Lama dimutasi menjadi ketua PN. Karawang kelas I B.

Hj. Nova Flory Bunda, S.H., M.H. dan 4 rekannya yang lain, yakni Ketua PN. Bondowoso kelas 1 B, Ketua PN. Pamekasan kelas 1 B, Ketua PN Sumenep kelas II, dan Ketua PN. Trenggalek kelas II. Dilantik dan diambil sumpahnya dalam sidang istimewa yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya di Pengadilan Tinggi Surabaya dan didampingi oleh 2 orang Hakim Tinggi dan seorang Panitera. Dalam sambutannya, Ketua PT. Surabaya menekankan untuk masing-masing pejabat menghindari perbuatan korupsi beserta para Hakim dan Pegawai di PN. masing-masing.

silaturahmi2

Terlihat hadir pada acara itu, mantan Hakim Agung yang juga mantan Wakil Ketua Komisi Yudisial, Abbas Said, para Hakim Tinggi, anggota FORFIMDA dari Lamongan, Bondowoso, Pamekasan, Sumenep dan Trenggalek. Selamat semoga dapat melaksanakan amanah.

PA. Lamongan Gelar Peringatan Hari Ibu

upacarahariibu1

upacarahariibu2

Peringatan upacara memperingati hari ke 89 tahun 2017 Ibu digelar di PA. Lamongan pada hari Jum’at tanggal 22 Desember 2017. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Ketua PA. Lamongan Dr. Hj. Harijah D., M.H. Upacara dimulai tepat jam 7. 30 pagi dengan peserta upacara adalah Wakil Ketua PA. Lamongan, para Hakim dan seluruh Pegawai serta para tenaga honorer. Rangkaian upacara itu antara lain pembacaan sejarah lahirnya hari Ibu yang merupakan bagian dari gerakan perempuan untuk memperoleh hak-haknya dan memperoleh perlakuan sama dengan para kaum hawa yang dibacakan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Lamongan. Sengaja menugaskan Wakil Ketua Pengadilan Agama Lamongan untuk membacakan sejarah lahirnya hari Ibu, agar para kaum Adam memahami perjuangan perempuan dan memberikan tempat yang sejajar serta perempuan tidak lagi menjadi makhluk yang subordinasi.

Selain itu, Pidato seragam menteri Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak dibacakan oleh inspektur. Inti pidato tersebut adalah mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang meningkatkankualitas hidup masyarakat. Tekad dan perjuangan kaum perempuan adalah mewujudkan kemerdekaan yang dilandasi cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur. Acara diakhiri dengan do’a oleh salah seorang Hakim PA. Lamongan.

upacarahariibu3

upacarahariibu4

Yang unik adalah pada acara istirahat, secara spontan para bapak-bapak Hakim dan Pegawai laki-laki PA. Lamongan melayani para Ibu-Ibu unuk makan makanan yang telah dihidangkan. Tidak seperti biasanya, yang didahulukan pada setiap acara untuk makan makanan yang telah dihidangkan adalah para bapak-bapak.

Semoga manfaat.

 

Dirjen Badilag Memberi Apresiasi Ketua PA. Lamongan Untuk Menjadi Nara Sumber DI USF

usf1usf2

Nara Sumber: Polwan AKP DWI ASTUTI, SPAK Madura Ela, Harijah Damis, SAPDA Umi, Sek. Inspektorat Kota. Mks Dahyal.

Bapak Dirjen badilag Dr. H. Abd. Manaf mendukung dan mengapresiasi KPA. Lamongan, Dr. Hj. Harijah Damis, M.H. untuk menjadi nara Sumber dan inspirator pada acara Urban Social Forum yang berlangsung di Bandung pada hari sabtu tanggal 16 Desember 2017. Acara ini di dukung lebih 20 organisasi, antara lain: Combine, Agora, Kotakita, Parksis, Ubaya, LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), UPC, Arkom Institute, WSF Extension, IDTP, Kopernik, Rujak, SPAK (saya perempuan anti korupsi) dan lain-lain.

Acara ini dihadiri oleh para aktivis dalam dan luar negeri dengan menampilkan sekitar 100 pembicara (nara sumber) dari berbagai kalangan atau berbagai latar belakang keilmuan, dan peserta serta narasumber terdiri dari dalam dan luar negeri dan diliput oleh media dalam dan luar negeri.

Pada sesi networking New Urban Agenda dan persiapan WUF 9 kuala Lumpur, dengan mengusung tema: Implementasi dan Aspirasi masyarakat sipil. Pada sesi tersebut di hadiri sekitar 1000 peserta dengan menampilkan nara sumber antara lain: Sandeep Chacra dan Chandan Kumar dari Action AID., James Ryan Raj dari Universitas Kebangsaan Malaysia RIPESS ASIA, Gyonggu Shin dari Gwangju Internatinal Center South Korea, Marco Kusumamawijaya RCUS Jakarta.

usf3

Pada sesi diskusi, dibagi kepada 22 panel sesuai dengan organisasi pendukung dan masing-masing panel menampilkan nara sumber paling sedikit 5 orang serta ada beberapa divisi yang nara sumbernya dari luar negeri dan 3 divisi dalam bentuk workshop. Tema-tema diskusi yang diangkat di masing-masing devisi antara lain: pada panel 22 adalah Keadilan Sosial Versi Rakyat Miskin Kota, dengan nara sumber antara lain Wardah Hafidz, pada panel 21 adalah Ketahanan kota di kampung Kota: Melihat dari persfektif Anak-Anak dengan nara sumber antara lain: Nigel dan Rowdy dari Ratterdam University, pada panel 20 adalah Maketheshift dengan nara sumber antara lain adalah Yu Sing dan Elisa Sutanudjaya dan 13 diselenggarakan oleh SPAK (saya perempuan anti Korupsi) sebuah gerakan Kerjasama antara AIPJ (Australia Indonesia Parnership For Justice) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. SPAK sebuah gerakan anti korupsi yang digerakkan oleh Judhi Kristantini (manajer senior AIPJ ring 1) yang selalu bergandengan dengan Yuyuk Andriati (KPK) dan berkat kerja keras kedua perempuan hebat ini didampingi oleh mbak Maria, mbak ajeng dan dengan dukungan penuh para agen SPAK seluruh Indonesia mengantarkan SPAK mendapatkan Award dari PBB di Jenewa.

Pada tahun ketiga SPAK, slogan yang diusung adalah 3 jari yang berarti lihat, lawan dan lapor tindak pidana korupsi.

usf4

Pada acara USF itu, SPAK mengankat tema diskusi “Membangun budaya Antikorupsi Masyarakat Perkotaan, sebuah cerita perubahan dari gerakan SPAK. Dengan nara sumber (pembicara) Dahyal S adalah sekertaris Inspektorat Kota Makassar dengan inovasi Lorong Lambusu (lorong jujur), Harijah Damis, KPA. Lamongan mendapat dukungan dari Bapak Dirjen Badilag dan mamaparkan antara lain tentang layanan antrian elentonik yang terdiri dari antrian pendaftaran perkara, sidang, mediasi, pengambilan Akta cerai, putusan dan pengembalian sisa panjar uang perkara. Antrian elektronik mencegah adanya praktek prilaku koruptif dengan tidak lagi dapat mengatur antrian sidang dll karena adanya kedekatan keluarga dengan petugas antrian dll. Di Samping itu, juga memaparkan kebijakan MARI yang pro pada anti korupsi seperti PERMA nomor 7, 8, dan 9, kemudia SEMA tentang larangan menerima tamu dari pihak yanga terkait dengan perkara dan terakhir keluarnya maklumat ketua MARI nomor 1 tahun 2017. Tampil pula AKP. Dwi Astuti, Polwan cantik dari DIY yang bercerita tentang kiat-kiatnya lawan pungli dengan dukungan penuh dari Kapolda DIY. Selain itu tampil pula seorang gadis manis dari madura, kelihatan lembut namun berani mengusung issue “pilkada jujur” dan terakhir adalah Umi Masrulloh yang mengangkat issue seputar penyandang difabel. Moderator adalah Ramah Handoko dari DIYANMAS KPK.  

Acara ini di akhiri dengan santap makan bersama dengan para pembicara di Pavilium Sunda Resto Bandung pada hari Sabtu Jam 19.00 WIB.

usf5

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1
A- A A+