Logo Pengadilan Negeri Palopo
Pembaruan terakhir: Kamis, 03 Januari 2019
shade

KPA. Lamongan Audensi Dengan Staf Ahli Presiden di Istana Negara

audiensi1

audiensi2

         KPK dan SPAK (AIPJ) menggelar acara peringatan Hari Anti Korupsi Internasional pada tanggal 5 Desember 2018. Rangkaian acaranya antara lain, KPK dan SPAK menggelar acara peluncuran games sidaka sebagai suatu upaya mendukung pemerintah mencegah perkawinan anak, dalam rangkaian kegiatan itu, KPA. Lamongan yang selama ini menjadi Agen SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi) diundang menghadiri acara tersebut sekaligus untuk bertugas dietalase SPAK APH (saya perempuan anti Korupsi Aparat Penegak Hukum). Dietalase Aparat Penegak Hukum, ada dua kegiatan yang ditampilkan, yakni kegiatan KPA. Lamongan dalam upaya menebar nilai-nilai anti korupsi dan Polwan Andi Ulpa Paduppa yang juga agen SPAK Makassar. Selain itu agenda kegiatan para agen SPAK yang diundang adalah audensi dengan Staaf ahli Presiden bidang pemberantarsan korupsi.

       KPA. Lamongan beserta rombongan diterima diistana pada sekitar jam 15.00. Judhi Kristanti (Penasehat Senior AIPJ Ring I) pimpinan rombongan memperkenalkan satu persatu personal yang ikut, berikut inovasi masing-masing dalam upaya memberantas korupsi di bidang masing-masing. Agenda kegiatan lain adalah audensi dengan para pimpinan KPK dan diterima di ruang rapat pimpinan KPK di Kantor KPK Jakarta.

       Sebelumnya, KPA. Lamongan juga diundang sebagai menghadiri acara Anti corruption Summit 2018 yang diselenggarakan oleh KPK berkolaborasi dengan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin yang diselenggarakan pada hari Selasa sampai dengan hari Rabu tanggal 23 sampai dengan tanggal 24 Oktober 2018 di hotel Four Points Makassar.

audiensi3

         Ketua PA. Lamongan hadir sebagai salah satu Nara Sumber di acara Anti corruption Summit 2018 atas undangan KPK untuk mengisi acara di sesion peran perempuan dalam pemberantasan korupsi. Narasumber dan peserta pada acara itu sebanyak 200 orang yang terdiri dari para rektor, akademisi, dan para NJO. Keynot speaker adalah Prof. DR. Mahfud MD. Yang tampil pada hari pertama membawakan tema: Peran akedemisi dalam pemberantasan korupsi. Beliau tampil menguraikan korupsi konpensional dan non konpensional salah satu paparannya yang menarik adalah bentuk korupsi sekarang sangat canggih dan menyulitkan untuk melacaknya karena memakai kode, misalnya kode siapkan 2 cangkir kopi yang artinya siapkan uang dua milyar, rekening atas nama pemberi sup tetapi tetapi ATM dan pinnya diberikan kepada yang disuap atau masing-masing membawa koper yang sama ke bandara, nanti setelah dibandara ditukar antara koper yang berisikan uang dengan koper yang berisi kertas koran.

Selengkapnya...

Sidang Keliling PA. Lamongan Di Kecamatan Sambeng

sidkelsambeng1sidkelsambeng2sidkelsambeng3

       Sidang keliling yang kelima untuk PA. Lamongan digelar di kantor Camat Kecamatan Sambeng Kab. Lamongan pada tanggal 16 Nopember 2018. Tim Sidang keliling 5 terdiri dari 2 majelis hakim, yakni majelis dengan Ketua Majelisnya Dra. Hj. Lulu’ Rodiyah dan majelis lain yang diketuai oleh Drs. Faisal M.H. serta beberapa personil lain yang membantu jalannya sidang keliling. Tim sidang keliling berangkat dari PA. Lamongan sebelum jam 7.00 pagi mengingat perjalanan dari Pengadilan Agama Lamongan ke Kecamatan Sambeng cukup jauh, namun perjalanan panjang itu tidak terasa karena melewati jalan mulus dan suasana asri pedesaan yang cukup dingin dan indah yang dapat dinikmati sepanjang perjalanan. Tiba di lokasi sidang keliling pada jam pada jam 8. 00 dan ketua PA. Lamongan, Dr. Hj. Harijah D., M.H., beserta rombongan disambut hangat oleh camat Sambeng. Tim sidang keling secara lengkap menurunkan tim IT., agar tetap one minut dan one publish berjalan serta juga menyertakan kasir, agar setiap perkara putus, uang sisa panjar dikembalikan pada sidang keliling tersebut dan tidak perlu lagi para pihak kep Pengadilan Agama Lamongan.

       Acara pembukaan sidang keliling di buka jam 8 lewat yang dihadiri oleh Camat Sambeng dan anggota Muspika Kecamatan Sambeng. Dalam sambutannya, camat sambeng sangat bersyukur Kecataman Sambeng dipilih menjadi salah satu tempat sidang keliling dan berharap tahun depan juga dipilih sebagai tempat sidang keliling. Ketua PA. Lamongan dalam sambutannya mengucapkan terimah kasih banyak atas pasilitas yang disiapkan untuk sidang keliling dan menyampaikan bahwa Sekretaris daerah juga mempasilitasi PA. Lamongan dalam kegiatan pelayanan dengan Mobil inova, salah satunya untuk kegiatan sidang keliling. Dari perbincanangan sebelum pembukaan terungkap juga keinginan bersama dan mudah-mudahan dapat diwujudkan adalah kedatangan tim PA. Lamongan tidak saja untuk sidang keliling, tetapi untuk memberikan penyuluhan hukum bersama agar dapat menekan tingginya perceraian di Kabupaten Lamongan.     Semoga dapat terwujud.

SOSIALISASI APLIKASI E-COURT BAGI PARA ADVOKAT/PENGGUNA TERDAFTAR KERJASAMA PA LAMONGAN, PN LAMONGAN DAN BRI CABANG LAMONGAN

ecourt

Pada hari Jum’at tanggal 7 Desember 2018 PA. Lamongan dan PN. Lamongan kerjasama dengan BRI Cabang Lamongan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi e-Court bagi Para Advokat/Pengguna Terdaftar e-Court di Kantor PN. Lamongan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua PA. Lamongan beserta jajarannya, Ketua PN. Lamongan beserta jajarannya, Ketua BRI Cabang Lamongan beserta staf dan  juga dihadiri oleh seluruh Advokat yang berdomisili di Kabupaten Lamongan.

Dalam sambutannya, Ketua PN. Lamongan menyampaikan bahwa e-Court merupakan perwujudan dari Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Adminsitrasi Perkara secara elektronik di Pengadilan. Oleh karena itu, dihimbau kepada seluruh Advokat supaya memiliki account e-Court untuk dapat melakukan pendaftaran secara elektronik. Beliau juga menyampaikan bahwa dengan e-Court maka para Advokat akan semakin mudah dalam melakukan pendaftaran perkara, karena Aplikasi e-Court dapat diakses diseluruh Indonesia melalui internet. Sehingga apabila ada Advokat yang memiliki klien lebih dari satu dengan kota/kabupaten yang berbeda akan tetap dapat melakukan pendaftaran perkara-perkaranya dalam satu waktu yang sama di kantornya melalui aplikasi e-Court. Dengan mewujudkan e-Court, proses administrasi perkara dan pelayanan pengadilan akan menjadi lebih sederhana, cepat, berbiaya ringan, transparan dan akuntabel. Oleh karena itu beliau menghimbau kepada para Advokat untuk mendukung pendaftaran perkara secara elektronik yang telah dicanangkan oleh Mahkamah Agung melalui aplikasi  e-Court dengan sungguh-sungguh.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga dibagikan Buku Saku Manual Aplikasi e-Court kepada para peserta terutama para Advokat untuk menjadi petunjuk atau acuan dalam pelaksanaan aplikasi e-Court. Semoga kegiatan Sosialisasi Aplikasi e-Court tersebut dapat bermanfaat bagi para peserta terutama para Advokat/Pengguna Terdaftar dan seluruh masyarakat pada umumnya.

UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN KE-73 TAHUN 2018 DI PENGADILAN AGAMA LAMONGAN

hp1hp2

Upacara peringatan hari Pahlawan ke-73 tahun 2018 di gelar di halaman kantor Pengadilan Agama Lamongan pada hari Senin tanggal 12 November 2018 tepat jam 8.00 pagi. Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Ketua Pengadilan Agama Lamongan kelas 1A Dr. Hj. Harijah D. M.H.,diikuti oleh seluruh Hakim, Pegawai dan Tenaga Kontrak Pengadilan Agama Lamongan.

Inspektur upacara membacakan Amanat Menteri Sosial RI pada Upacara memperingati Hari Pahlawan dan acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh M. Aidzibillah, S.HI. (Calon Hakim).

Dalam sambutan tersebut penekanannya pada semangat pantang menyerah dan pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan  yang harus kita kenang dan kita tanamkan dalam jiwa kita semua sesuai dengan tema hari Pahlawan tahun 2018 yaitu “Semangat Pahlawan di Dadaku”.

Selamat hari Pahlawan tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam menjalin toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita.

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1
A- A A+

Alih Bahasa

Pengunjung Website

15577
TodayToday132
YesterdayYesterday162
This_WeekThis_Week745
This_MonthThis_Month3187
All_DaysAll_Days15577
18Dot212Dot92Dot235

Pengunjung Online