Logo Pengadilan Negeri Palopo
shade
 

Anda bingung bagaimana berperkara di Pengadilan?

Prosedur dan Biaya BerperkaraSilakan membaca bagaimana prosedur berperkara dan biaya berperkara yang berlaku saat ini pada Pengadilan Agama Lamongan.

 
 

Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)

SIPP Pengadilan Agama LamonganSistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) memuat informasi detail perkara, jadwal sidang dan statistik perkara pada Pengadilan Agama Lamongan

 
 

Jadwal Sidang Pengadilan Agama Lamongan

Jadwal Sidang Pengadilan Agama LamonganSelain dapat dilihat pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara, Anda juga dapat melihat jadwal persidangan hari ini dengan meng-click tombol di bawah

 
 

Akses Salinan Elektronik Putusan Pengadilan Agama Lamongan

Direktori Putusan Pengadilan Agama LamonganPutusan Pengadilan Agama Lamongan yang telah diunggah pada Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia dapat diakses oleh publik

 
 

Pantau Progres Pemeriksaan Upaya Hukum Kasasi/PK Anda

info 64Sistem Informasi Administrasi Perkara Mahkamah Agung Republik Indonesia (SIAP-MARI) memuat informasi data perkara pada tingkat kasasi/PK

 

46 CAKIM STUDY LAPANGAN DI PA. LAMONGAN

cakim1

cakim2

       Pada hari Jum’at tanggal 16 Maret 2018, sebanyak 46 calon hakim melakukan study lapangan di PA. Lamongan. Ke 46 cakim tersebut tiba di PA. Lamongan tepat jam 8 pagi dan diterima di ruang sidang utama PA. Lamongan. Agenda kegiatannya adalah menerima materi internalisasi nilai-nilai profesi PNS. yang dibawakan oleh Ketua PA. Lamongan, Dr. Hj. Harijah Damis, M.H. Pada kesempatan itu, harijah menjelaskan lima (5) nilai dasar profesi PNS, yaitu akuntabilitas, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, dan antikorupsi. Lima nilai dasar yang biasa disingkat ANEKA ini merupakan modal awal PNS dalam menjalankan tugasnya. Sebelum mengimplementasikan nilai dasar PNS, ada satu tahap yang dilalui yaitu tahap internalisasi. Internalisasi merupakan proses pemahaman atas nilai yang terkandung dari masing-masing poin ANEKA.

       Antusiame para cakim mengikuti materi itu tandai dengan banyaknya pertanyaan, beberapa kali applause dan suasana menjadi hidup karena karena diselingi canda dan tawa. Selanjutnya, para cakim mememasuki ruang peruang PA. Lamongan untuk melihat beberapa inovasi PA. Lamongan dan pelayanan PA. Lamongan yang berkomitmen one day service and one day publice. Ke 46 cakim tersebut sangat mengapresiasi pelayanan PA. Lamongan yang begitu lengkap, terutama pelayanan bidang kepaniteraan yang bersentuhan langsung dengan pelayanan para pencari keadilan sekaligus mencoba memahami implementasi nilai-nilai dasar profesi PNS dalam melaksanakan TUPOKSI. Termasuk yang dikembangkan adalah bagaimana menakar nilai akuntabilitas dalam melaksanakan tugas di Pengadilan khususnya di Pengadilan Agama. Tentunya untuk menakar akuntabilitas adalah apakah dalam melaksanakan TUPOKSI Masing-masing pegawai sesuai dengan SOP. Yang telah ditetapkan.

       Yang termasuk menjadi analisis ke 46 cakim adalah SDM PA. Lamongan yang terbilang sangat kurang dibanding formasi sebagai Pengadilan kelas I A. Tepat jam 11. 30, para cakim mengakhiri study lapangannya yang pertama di PA. Lamongan dan berlanjut minggu depan dengan materi yang berbeda.

cakim3

       Selamat jalan ....sukses selalu.

Uji Petik SAKIP di PA. Lamongan

ujipetiksakip 1ujipetiksakip 2

ujipetiksakip 3

       Pada hari Kamis tanggal 8 Maret 2018, tim uji petik SAKIP dari Mahkamah Agung RI., tiba di PA. Lamongan tepat jam 8 pagi.  Yopi Silvani dan Astania Dwi datang lebih awal untuk evaluasi atas penyelenggaraan dan hasil program kerja terkait dengan Uji petik Sakip dan meminta satu ruangan dan para pegawai yang terkait dengan penyusunan sakip untuk evaluasi kesesuaian dengan peraturan sekretaris MARI.

       Berselang beberapa saat, Kabiro perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung RI., Joko Upoyo Pribadi dan Mila Karima datang juga ke Lamongan. Kabiro Perencanaan dan Organisasi meninjau seluruh sarana dan pra sarana Pengadilan Agama Lamongan dan mengapresiasi sistem antrian elektronik untuk menutup peluang adanya prilaku koruptif karena dengan sistem antrian elektronik tidak lagi ada kemungkinan mengatur antrian sidang untuk didahulukan karena berbgai kepentingan demikian dengan pelayanan lainnya di Pengadilan Agama Lamongan.

       Kabiro perencanaan juga mengapresiasi antribut para pihak yang masuk ruang tunggu untuk menutup peluang adanya calo perkara dan memotret ruang permaian anak.

2 Jam Bersama Bapak Presiden

2jampresiden 1

2jampresiden 2

       Sekitar 2 jam bersama presiden RI., Ir. Joko Widodo di alun-alun Kota Lamongan dalam rangkah penyerahan lebih dari 5000 sertifikat gratis kepada masyarakat Kabupaten Lamongan dan Bojonegoro pada hari Kamis tanggal 8 Maret 2018. Dua jam sebelum kedatangan presiden, undangan telah siap menunggu begitu juga dengan anggota forpimda Lamongan. Nampak lebih awal datang di pondopo adalah Kedua DPRD. Lamongan, Ketua PA. PN. Lamongan, Nova Flory Bunda, SH., MH., Kajari Lamongan, Dia Astuti, SH., MH. Dan Ketua PA. Lamongan Dr. Hj. Harijah Damis, MH.

       Ruang transit yang biasanya bertempat di Guest House dialihkan ke Pendopo karena Guest House telah 3 hari disterilkan oleh prokotoler istana negara untuk kepentingan sebagai ruang transit Presiden sebelum menghadiri acara yang dilansungkan di Alun Alun Lamongan. Rombongan yang lebih awal datang adalah sofyan Jalil, selaku kepala BPN. Yang juga transit di pendopo. Selanjutnya Sofyan jalil mengunjungi stand Kab. Lamongan berupa prodak andalan, batik tulis, ikan, dan jagung, yang didampingi oleh Bupati Lamongan H. Fadeli, S.H., M.H.

2jampresiden 3

       Di Tempat acara, terpasang tenda merah putih. Itupun diatur oleh protokoler istana negara. Presiden tiba di tempat lokasi pada jam 16.00 beserta dgn rombongan dengan dikawal paspanpres dengan seragam kaus biru langit. Dengan kedatangan presiden, maka pengamanan acara diambil alih oleh paspanpres, sehingga mengambil gambar dengan presiden sangat dibatasi. Dalam sambutannya, presiden memberikan apresianya kepada bupati Lamongan dengan berbagai prestasi yang telah dicapai dalam masa kepemimpinannya.

       Seperti biasanya, setiap kunjungan presiden, selalu membagikan sepeda yang ditujuk langsung, dan ada tiga peserta penerima sertifikat yang ditunjuk untuk menjawab pertanyaan yaitu sebutkan 7 macam ikan, tujuh suku di Indonesia dan menghafal teks pancasila.

       Seorang perempuan yang tidak mau dipanggil ibu oleh presiden karena mengaku belum menikah sehingga mengundang tawa semua peserta, menjawab pertanyaan 7 macam ikan, sementara peserta kedua menjawab pertanyaan kedua menyebut padang sebagai satu suku sehingga, sementara peserta ketiga lancar menghapal pancasila. Pada kesempatan itu presiden mengingatkan untuk sangat berhati-hati dengan sertifikat yang telah dimiliki, jangan sampai sertifikatnya diagungkan ke Bank namun uang pinjaman dipakai untuk beli mobil, lalu enam bulan kemudian tanah ditarik bank. Peringatan untuk berhati-hati. Ternyata presiden dalam memberikan sambutannya dengan bahasa sangat yang sangat santai dan realistis dengan kenyataan yang terjadi di masyarakat dan humorisnya.

2jampresiden 4

       Sekitar jam 18.00, presiden melanjutkan perjalanan ke Tuban.

KETUA PA. LAMONGAN MENGHADIRI PANEN RAYA DAN SAMBANG DESA

panen1

panen2

       Pada hari Rabu tanggal 27 Februari 2018, Ketua PA. Lamongan menghadiri panen raya di Kecamatam Modo Kabupaten Lamongan dan Sambang Desa di kabupaten Sugio. Acara itu diawali dengan panen raya di Kecamatan modo. Hadir pada acara tersebut adalah Bupati Lamongan H. Fadeli, S.H., M.H., Ketua DPRD. Lamongan dan Anggota Forpimda Lamongan. Panen raya di mulai oleh bupati Lamongan dengan anggota Forpimda, lalu dilanjutkan engan acara sambutan oleh kepala desa dan bupati lamongan dengan terlebih dahulu pembacaan doa oleh tokoh agama yang ditunjuk.

       Selanjutnya bupati dan rombongannya bergerak meninjau berbagai pelayanan di Rumah sakit termasuk pelayanan pemeriksaan untuk kanker rahim bagi perempuan. Selanjutnya rombongan menuju tempat sambang desa yang juga digelar berbagai kegiatan seperti pelayanan KTP. E, kesehatan bantuan masyarakat kurang mampu dan pemberian perhargaan kepada beberapa kegiatan yang menjadi juara dalam penilaian yang diserahkan pada acara Sambang Desa.

panen3

panen4

       Selain itu, bertabur hadiah untuk masyarakat yang hadir. Ada lebih 10 sepeda diserhkan oleh bupati dan jajaran forkopimda setelah peserta mampu menjawab pertanyaan dan pertanya bupati lamongan terkait dgn program yang bernama 1821. Program tesebut belum pernah dijumpai di daerah lain di seluruh Indonesia, hanya di Lamongan, yakin program pada jam 18.00. malam sampai jam 21.00, setiap keluarga tidak menyalahkan TV. Media sosial dan waktu selama 3 jam itu hanya untuk memberi kesempatan kepada anak-anak belajar dan berkumpul bersama keluarga dengan tujuan membangun karakter generasi yang lebih berkualitas.

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1
A- A A+