Logo Pengadilan Negeri Palopo
Pembaruan terakhir: Selasa, 11 Desember 2018
shade

usf1usf2

Nara Sumber: Polwan AKP DWI ASTUTI, SPAK Madura Ela, Harijah Damis, SAPDA Umi, Sek. Inspektorat Kota. Mks Dahyal.

Bapak Dirjen badilag Dr. H. Abd. Manaf mendukung dan mengapresiasi KPA. Lamongan, Dr. Hj. Harijah Damis, M.H. untuk menjadi nara Sumber dan inspirator pada acara Urban Social Forum yang berlangsung di Bandung pada hari sabtu tanggal 16 Desember 2017. Acara ini di dukung lebih 20 organisasi, antara lain: Combine, Agora, Kotakita, Parksis, Ubaya, LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), UPC, Arkom Institute, WSF Extension, IDTP, Kopernik, Rujak, SPAK (saya perempuan anti korupsi) dan lain-lain.

Acara ini dihadiri oleh para aktivis dalam dan luar negeri dengan menampilkan sekitar 100 pembicara (nara sumber) dari berbagai kalangan atau berbagai latar belakang keilmuan, dan peserta serta narasumber terdiri dari dalam dan luar negeri dan diliput oleh media dalam dan luar negeri.

Pada sesi networking New Urban Agenda dan persiapan WUF 9 kuala Lumpur, dengan mengusung tema: Implementasi dan Aspirasi masyarakat sipil. Pada sesi tersebut di hadiri sekitar 1000 peserta dengan menampilkan nara sumber antara lain: Sandeep Chacra dan Chandan Kumar dari Action AID., James Ryan Raj dari Universitas Kebangsaan Malaysia RIPESS ASIA, Gyonggu Shin dari Gwangju Internatinal Center South Korea, Marco Kusumamawijaya RCUS Jakarta.

usf3

Pada sesi diskusi, dibagi kepada 22 panel sesuai dengan organisasi pendukung dan masing-masing panel menampilkan nara sumber paling sedikit 5 orang serta ada beberapa divisi yang nara sumbernya dari luar negeri dan 3 divisi dalam bentuk workshop. Tema-tema diskusi yang diangkat di masing-masing devisi antara lain: pada panel 22 adalah Keadilan Sosial Versi Rakyat Miskin Kota, dengan nara sumber antara lain Wardah Hafidz, pada panel 21 adalah Ketahanan kota di kampung Kota: Melihat dari persfektif Anak-Anak dengan nara sumber antara lain: Nigel dan Rowdy dari Ratterdam University, pada panel 20 adalah Maketheshift dengan nara sumber antara lain adalah Yu Sing dan Elisa Sutanudjaya dan 13 diselenggarakan oleh SPAK (saya perempuan anti Korupsi) sebuah gerakan Kerjasama antara AIPJ (Australia Indonesia Parnership For Justice) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. SPAK sebuah gerakan anti korupsi yang digerakkan oleh Judhi Kristantini (manajer senior AIPJ ring 1) yang selalu bergandengan dengan Yuyuk Andriati (KPK) dan berkat kerja keras kedua perempuan hebat ini didampingi oleh mbak Maria, mbak ajeng dan dengan dukungan penuh para agen SPAK seluruh Indonesia mengantarkan SPAK mendapatkan Award dari PBB di Jenewa.

Pada tahun ketiga SPAK, slogan yang diusung adalah 3 jari yang berarti lihat, lawan dan lapor tindak pidana korupsi.

usf4

Pada acara USF itu, SPAK mengankat tema diskusi “Membangun budaya Antikorupsi Masyarakat Perkotaan, sebuah cerita perubahan dari gerakan SPAK. Dengan nara sumber (pembicara) Dahyal S adalah sekertaris Inspektorat Kota Makassar dengan inovasi Lorong Lambusu (lorong jujur), Harijah Damis, KPA. Lamongan mendapat dukungan dari Bapak Dirjen Badilag dan mamaparkan antara lain tentang layanan antrian elentonik yang terdiri dari antrian pendaftaran perkara, sidang, mediasi, pengambilan Akta cerai, putusan dan pengembalian sisa panjar uang perkara. Antrian elektronik mencegah adanya praktek prilaku koruptif dengan tidak lagi dapat mengatur antrian sidang dll karena adanya kedekatan keluarga dengan petugas antrian dll. Di Samping itu, juga memaparkan kebijakan MARI yang pro pada anti korupsi seperti PERMA nomor 7, 8, dan 9, kemudia SEMA tentang larangan menerima tamu dari pihak yanga terkait dengan perkara dan terakhir keluarnya maklumat ketua MARI nomor 1 tahun 2017. Tampil pula AKP. Dwi Astuti, Polwan cantik dari DIY yang bercerita tentang kiat-kiatnya lawan pungli dengan dukungan penuh dari Kapolda DIY. Selain itu tampil pula seorang gadis manis dari madura, kelihatan lembut namun berani mengusung issue “pilkada jujur” dan terakhir adalah Umi Masrulloh yang mengangkat issue seputar penyandang difabel. Moderator adalah Ramah Handoko dari DIYANMAS KPK.  

Acara ini di akhiri dengan santap makan bersama dengan para pembicara di Pavilium Sunda Resto Bandung pada hari Sabtu Jam 19.00 WIB.

usf5

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1
A- A A+

Alih Bahasa

Pengunjung Website

9325
TodayToday187
YesterdayYesterday210
This_WeekThis_Week149
This_MonthThis_Month3746
All_DaysAll_Days9325
35Dot175Dot190Dot77

Pengunjung Online